Menghapus virus dengan perintah DOS

Posted On January 7, 2009

Filed under Tips and Trick

Comments Dropped 4 responses

Pusing masalah virus yang gak bisa ke detect? emang ternyata virus itu bandel banget, meskipun sudah di unhide juga dia ga mau muncul, lalu gimana solusi nya??

Saya mendapatkan solusinya saat saya belajar di praktikum mata kuliah Pengantar teknologi komputer dan informasi di Lab.TI univ.Gunadarma, kurang lebih begini trick nya :

1. Sebelum kita melakukan penghapusan marilah kita terlebih dahulu bagaimana virus itu bekerja

2. Pada virus biasanya terdapat 3 file

file script yang di dalamnya terdapat perintah-perintah menggangu computer kita biasanya mempunyai ekstensi *.vbs

file autorun.inf yang di dalamnya akan menjalan file script saat file yang terjangkit virus itu di klik

file yang terjangkit virus –file ini sebenarnya adalah hasil manipulasi dari script yang memalsukan file kita yang asli menjadi file yang terjangkit virus,sebenarnya file kita disembunyikan oleh perintah script di atas.

3. File script,file autorun dan file kita yang asli itu tidak akan terlihat oleh mata kita tetapi yang terlihat adalah file yang terjangkit virus atau file yang palsu, lihat gambar di bawah ini:

vir

*) file palsu yang dipalsukan

4. Ingat jangan di klik file tersebut,itu bukan file yang asli melainkan file virus yang akan mengeksekusi perintah-perintah menggangu.

5. Windows menyediakan untuk melihat file-file yang disembunyikan, tetapi apakah virus tersebut akan muncul mari kita coba:

6. Pertama-pertama klik tools pada menu bar windows explorer

7. Klik folder options

vir1

8. Akan muncul tampilan seperti berikut

vir2

9. Pilihlah tab view pada tampilan di atas, dan ikuti pencentangan list-list seperti di bawah ini, lalu klik apply kemudian klik ok

vir3

10. Apakah file virus tersebut keliatan?? Ternyata tidak, coba lihat gambar di bawah ini

vir11

11. Salah satu jalannya kita harus menggunakan perintah dos, pertama kita masuk direktori yang dicurigai terdapat virus:

12. Lalu ketikkan perintah berikut :

vir21

13. Nah ini dia virusnya kelihatan juga akhirnya

vir31

14. Ternyata filenya dipalsukan oleh virus

15. Langkah terakhir hapus aja file yang berekstensi *.vbs *.exe *.inf

Kalau mau tahu lebih lanjut tentang perintah attrib gunakan attrib /? Di command prompt

4 Responses to “Menghapus virus dengan perintah DOS”

  1. HENDRI

    TQ BRO……

  2. edward

    perintah yang lain untuk menangkal virus dari dos

  3. kinoykknacupliz

    wah mantaq nih..trus kalo smua fila yg ber-ext. Dah dihapus smua…trus gmn cranya bersihin file registry yg udah ke infect..???

    • fruztazie

      nah klo untuk file registry agak crusial juga….kalo udah sampe nyerang file registry klo bisa cari or download dulu file yang sama dari internet, truz simpen buat back-up an….
      CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s