[Rangkuman] The Ultimate Guide to Graphic Design

Posted On January 5, 2011

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Ada banyak definisi untuk kata desain. Desain bisa dikatakan sebuah objek yang bisa mendorong/mempengaruhi sesama manusia. Dorongannya bisa berupa apa saja, misal dorongan untuk membeli sebuah mobil baru – inti dari desain mobil dan semua pengiklanan yang menyiarkan keuntungannya.

Desain tertanam di dalam bagian psikologi manusia. Dulu desain dilakukan melalui goresan cat ke kanvas. Setelah bertahun-tahun, segala sesuatu semakin berubah, mulai dari selera, dan juga teknologinya. Kini kita bisa berkreasi di canvas virtual yaitu di layar komputer. Dengan bigitu kita bisa merubah hasil kreasi kita sesering yang kita inginkan dan kita juga dapat menshare hasil karya kita ke banyak orang.

Dan berikut ini adalah rangkuman dari buku “The Ultimate Guide to Graphic Design”. Yang dapat membantu anda membuat kreasi yang power full menggunakan aplikasi Photoshop, Illustrator, Indesign dan juga QuarkXpress.

Design Techniques – Line art
Line art adalah seni untuk menkonversikan foto atau lukisan ke dalam bentuk gambar ilustrasi hasil sketsa tangan.
Ada banyak metode untuk mengkonversikan gambar ke dalam line art. Beberapa diantaranya membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh dalam sisi seni, sedangkan metode yang lainnya bisa jadi lebih atau kurang otomatis.
The Illustrator Method
Adobe illustrator adalah aplikasi yang sempurna untuk membuat illustrasi dari seni line art. Hal ini dikarenakan kita bisa membuat gambar yang halus dan garis yang datar dan bersih. Selain itu, setiap elemen dapat diedit secara terpisah yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dalam menerapkan warna dalam dan juga warna tepi yang berbeda-beda pada masing-masing elemen.
Tapi, membuat line art menggunakan illustrator juga mengalami sedikit kendala. Kendalanya adalah ketika kita membuatnya menggunakan foto, sketsa garis yang kita buat akan menutupi foto yang mengakibatkan kita tidak bisa melihat foto yang akan kita buat. Solusinya adalah dengan menurunkan opacity dari hasil sketsa garis yang telah dibuat untuk masing-masing elemen gambar menggunakan transparency palette – jangan kuatir, anda masih dapat mengembalikan gambar kebentuk semula dengan mengembalikan nilai opacity ke posisi semula.

10 Langkah untuk Melindungi Foto-Foto Anda agar Tetap Aman

  1. Pertimbangkan format foto yang akan digunakan dan berapa lama format tersebut tetap dapat terbaca. Bahkan format yang populer sejak lama bisa menjadi usang seiring berjalannya waktu.
  2. Format seperti “Adobe DNG raw” merupakan software yang baik dan menawarkan pemeriksaan yang baik di masa depan.
  3. Hindari menggunakan format JPEG sebagai saran untuk menghemat ruang memori ketika gambar tersebut bukanlah gambar dengan format aslinya.
  4. Pertimbangkan untuk menggunakan media penyimpanan online, seperti Flickr dan Snapfish. Lakukan upgrade ke Flickr Pro untuk mendapatkan ruang yang lebih besar.
  5. Lindungi file-file gambar anda yang ada di media penyimpanan online dengan mengatur privacy control yang disediakan.
  6. MobileMe adalah salah satu layanan online sederhana yang dapat digunakan untuk memback-up data anda. Tapi ruang yang disediakan terbatas dan agak sedikit mahal.
  7. Pertimbangkan untuk membuat file archive yang terkrompresi untuk file-file gambar yang berukuran besar sebelum menguploadnya agar dapat menghemat waktu ketika proses upload.
  8. Gunakan media cd/dvd untuk melakukan back-up data. Tapi media ini bukanlah untuk solusi jangka panjang melainkan hanya untuk sementara waktu saja.
  9. Yang paling sederhana dan mudah dalam memback-up data adalah dengan menggunakan 2 hard disk dan copy semua data yang ada ke hard disk lainnya.
  10. Semakin banyak anda membuat back-up semakin baik file-file gambar anda terdistribusi dan yang terpenting adalah file-file gambar anda akan lebih aman.

A to Z of Design

Dalam design grafis terdapat banyak sekali istilah-istilah yang digunakan dan bagian ini ibaratkan kamus yang akan menjelaskan istilah-istilah dalam design grafis mulai dari A sampai Z. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  • Action
    Fitur ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu karena dengan fitur ini kita dapat mengerjakan pekerjaan pada photoshop berulang kali hanya dengan menekan tombol play.
  • Adjusment layers
    Fitur ini berfungsi untuk mengedit gambar dengan berbagai pilihan efek adjustment. Diantaranya, Curves, Levels, Hue/Saturation, dan Selective Color.
  • Adobe bridge
    Adobe bridge adalah tool sederhana untuk mencari/menampilkan gambar yang terdapat pada folder kita melalui photoshop. Melalui tool ini kita dapat melihat gambar yang ada dalam bentuk thumbnail. Berbeda jika melalui open dialog yang biasa yang hanya menampilkan nama dari gambar.
  • Background
    Salah satu kesuksesan sebuah gambar adalah menggunakan background/latar yang tepat sesuai dengan gambar subjek. Background dapat digunakan untuk memfocuskan gambar objek yang ada pada gambar. Caranya adalah membuat blur background.
  • Baseline grid
    Baseline grid berfungsi untuk membuat layout menjadi lebih profesional. Seperti misalnya mengatur teks yang tidak rata akan menjadi rata dan rapi.
  • Colour balance
    Dengan menggunakan color balance kita dapat mengatur warna pada gambar agar lebih baik. Selain itu, kita juga dapat membuat efek lain dengan menggunakan color balance ini, seperti misalnya membuat efek hitam-putih. Pada photoshop color balance ini dapat dibuat dengan cara mengganti warna dari sebuah layer atau melalui fitur selection. Color balance ini terdiri dari tiga warna yaitu merah, hijau, dan biru.
  • Distortion
    Distorsi adalah teknik untuk mengubah gambar ke dalam bentuk yang tidak biasa. Seperti misalnya membuat foto seseorang menjadi sebuah karikatur. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan teknik distorsi. Dalam photoshop, penggunaan distorsi dapat dilakukan melalui fitur free transform diikuti dengan menahan tombol ctrl.
  • Embbossing
    Embboss adalah sebutan dimana efek yang diberikan pada teks timbul keluar. Hal ini juga akan membuat teks terlihat seperti objek 3D. di dalam photoshop, efek imboss dapat digunakan melalui layer styles.
  • Fill and stroke
    Fill adalah warna yang ada pada bagian dalam gambar objek. Sedangkan stroke adalah warna untuk garis tepi yang mengelilingi objek. Di photoshop, fill dan stroke ini dapat ditemukan di layer styles.
  • Filters
    Filter adalah fitur yang sangat berguna dalam memberikan efek pada gambar. Dengan menggunakan filter kita dapat dengan mudah dan cepat dalam memberikan efek pada gambar. Efek-efek yang tersedia pada filter diantaranya adalah blur, artistic, sketch, dan lain-lain.
  • Free transform
    Sesuai dengan namanya, free transform berfungsi untuk mengubah ukuran suatu gambar objek. Dengan free transform kita dapat mengubah ukuran gambar sesuai dengan keinginan kita. selain itu, kita juga dapat merotasi gambar kita dengan menggunakan tool ini. di photoshop free transform dapat ditemukan dengan cara menekan tombol Ctrl+T.
  • Gradients
    Gradient adalah gabungan warna yang bergradasi dari warna satu ke warna lain. gradient dapat digunakan untuk membuat gambar lebih menarik.
  • History
    History adalah salah satu fitur yang terdapat pada photoshop. Segala pekerjaan yang kita lakukan di photoshop akan terekam di history. Sehingga ketika kita mengalami kesalahan dalam mengedit gambar dan kita ingin kembali ke proses sebelumnya kita dapat menggunakan fitur ini. History ini seperti multiple undo yaitu melakukan undo lebih banyak.
  • Jpeg
    Jpeg adalah format file untuk gambar yang sangat popular. Jpeg merupakan singkatan dari Joint Photographic Experts Group. Format jpeg atau biasa juga dituli jpg merupakan format yang ideal untuk gambar yang akan ditampilkan pada website. Format ini akan mengurangi ukuran gambar.
  • Layer styles
    Layer styles juga merupakan tool yang berfungsi untuk memberikan efek tambahan pada sebuah layer. Di dalam layer style terdapat beberapa efek yang bisa dipilih diantaranya adalah bevels, shadows, glows, textures, colours dan strokes.
  • Moving objects
    Memindahkan objek dari suatu posisi ke posisi lain bisa dilakukan menggunakan keyboard ataupun mouse. Tapi dalam memindahkan suatu objek diperlukan cara agar objek yand dipindahkan berada pada posisi yang tepat. Pada photoshop, pemindahan objek dapat dilakukan menggunakan move tool. Dengan menggunakan tool ini kita dapat mengatur agar objek sejajar dengan objek lain.
  • Noise reduction
    Noise adalah salah satu masalah besar bagi para designer dan juga fotografer dalam menghasilkan foto yang baik. Dengan menggunakan photoshop kita dapat membuat foto atau gambar menjadi lebih halus dan menghilangkan noise yang ada pada gambar.
  • Optimising photoshop
    Photoshop adalah aplikasi yang memakan banyak resource komputer kita, diantaranya memory dan juga temporary disk space. Tidak hanya itu, setiap gambar yang dibuka di photoshop akan memakan memory yang ada di ram. salah satu solusi untuk mengoptimalkan photoshop adalah dengan mengatur pengalokasian ruang hard disk melalui menu preferences.
  • Quick mask
    Quick mask berfungsi untuk membuat seleksi pada objek dengan mudah dan hasil yang baik.
  • Reflections
    Reflections adalah efek untuk membuat refleksi atau pantulan terhadap gambar. Membuat efek refleksi di photoshop bisa menjadi pekerjaan yang mudah dan juga sulit. Tergantung objek apa yang akan direfleksikan.
  • Smart objects
    Smart objek merupakan salah satu fitur terbaru yang disematkan di photoshop sejak photoshop CS2. Tool ini memberikan kebebasan bagi designer untuk bereksperimen terhadapa gambar yang diubah ukurannya dan juga didistorsi tanpa kehilangan kualitasnya.
  • Typography
    Typography adalah suatu seni dalam memilih jenis font yang tepat untuk sebuah halaman sehingga memberikan efek yang baik. Sekarang ini banyak jenis-jenis font yang tersedia yang dapat dipilih. Jenis font dibagi ke dalam dua kategori yaitu serif dan sans serif.
  • Vektor Objects
    Vektor objects adalah objek-objek dimana ketika kita merubah ukuran dari objek tersebut maka objek tersebut tidak akan kehilangan kualitasnya. Pada photoshop, objek vektor bisa dibuat dengan menggunakan shape tools dan juga pen path.
  • Wrapping text
    Wrapping text adalah salah satu cara untuk membuat teks yang dapat berada pada bagian sisi gambar atau dalam hal ini teks akan segaris dengan gambar.
  • Zooming images
    Zooming images adalah cara untuk memperbesar gambar agar kita dapat bekerja pada gambar dengan lebih akurat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s